Khamis, Julai 23, 2009

PERGIMU TIADA GANTINYA


FATHI YAKAN PERGINYA MUJAHID TULEN

Catatan Salafi,

Beberapa bulan yang lalu, iaitu pada 13 Jun 2009, kesedihan melanda jiwa apabila membaca pemergian seorang tokoh gerakan Islam terulung, ilmuan serta pemikir Islam yang berjasa. Beliau adalah Dr Fathi Yakan, seorang ilmuan yang amat popular dengan buku beliau "maza ya'ni intimai Ila Islam" (Apakah erti saya menganut Islam).

Salafi masih ingat lagi, ketika masih dibangku menengah agama dulu, `usrah` kami telah menjadikan buku ini sebagai sillibus pengisian awal dari sebuah kebangkitan islam. Dari buku ini lah salafi bermula memahami dan menghayati islam dalam diri, keluarga, masyarakat dan bernegara.

Buku ini terlalu banyak digunakan oleh ahli-ahli gerakan Islam sama ada di peringkat sekolah, universiti dan peringkat nasional. Beliau juga pengarang kepada lebih 30 buah buku dan sebahagiannya diterjemah ke pelbagai bahasa. Beliau juga pernah menjadi ahli parlimen Lubnan atas tiket gerakan parti politik Islam.

Pemergian seseorang adalah satu yang amat pedih khususnya bagi mereka rapat dengannya. Malah ia lebih memberikan rasa sedar bahawa kelak, giliran kita. Tidak pasti bilakah waktu itu, namun ia tetap akan berkunjung.
Kunjungan ‘kematian' kerap datang secara tiba-tiba. Ada yang berpendahuluan terlantar di hospital, dan ada pula yang tidak berpendahuluan (meninggal di tempa kejadian).

TIADA 'PATUNG' DR FATHI

Perlulah diingat bahawa jika kita ingin menghargai jasa dan usaha seseorang tokoh, bukanlah dengan menggantung gambarnya di rumah, memaparkan gambarnya di sana sini. Itu bukanlah cara yang disaran oleh Rasulullah s.a.w, namun cara yang betul adalah dengan menghidupkan usahanya, menyebarluaskan nasihat dan hasil pemikirannya dengan cara yang terbaik.

Jangan pula cuba beralasan mengatakan dengan gambar memberikan inspirasi, kerana jika itu benar lagi tepat, tentunya Nabi s.a.w akan menyuruh para pelukis di zaman itu untuk melukis wajah baginda untuk diedar buat para sahabat dan tabien sebagai ingatan kepada diri baginda dan Islam. Namun itu tidak berlaku, Islam bukan sebuah agama yang membenarkan patung sebagaimana dunia bukan Islam di barat terlalu ‘gila' membuat patung tokoh mereka.

Di London, muzim dipenuhi patung tokoh-tokoh mereka termasuk Darwin, di Paris, ia sebuah bandar yang hodoh dan semak dengan ratusan patung-patung ukiran yang besar, malah lebih hodoh apabila kebanyakkan patung-patung tersebut adalah diukir dalam keadaan berbogel. Itulah PARIS dan demikian juga kebanyakan bandar-bandar bukan Islam yang lain. Justeru, mengharagia hasil Dr Fathi Yakan bukan dengan menggantung gambar dan menekuni ‘patung tugu' Dr Fathi Yakan. Tetapi sebarkanlah hasil usaha beliau selain mendoakannya.

PERGINYA SEORANG PENULIS BLOG

Salafi juga terfikirkan bahawa, dalam dunia berinternet ini, ramai yang mempunyai blog. Lagi popular blog tersebut, lagi hampir tuan punya blog dengan para pengunjungnya. Setiap hari mungkin pengunjungnya inginkan sesuatu yang baru dari tuan punya blog.

Tanpa disedari bahawa tuan punya blog boleh datang dan pergi. Sebagaimana pengunjung turut datang dan pergi. Namun bagi pengunjung setia yang mengenali dan rapat, apabila melihat sebuah blog yang sudah tidak lagi dikemaskini kerana pemergian pemilik blog, tentunya satu perasaan yang amat hiba dan pedih.

Baru-baru ini salafi turut membaca beberapa tuan blog yang kembali ke rahmatullah, meninggalkan keluarga dan blognya terus kaku. Salafi membuka blog mereka dan menatapi beberapa penulisan mereka dan juga gambar-gambar mereka sewaktu hayat dikandung badan, tanpa disedari datang perasaan hiba.

Blog tersebut masih berpengunjung, dipenuhi dengan ucapan takziah buat ahli keluarga, tetapi tuan punya blog sudah tiada di sisi, tiada mampu membaca kata-kata terbaru indah dan doa di blog mereka. Terfikir akan hal itu, perasaan sedih dan hiba sudah tentu melanda jiwa dan hati.

Sebagai contoh, blog milik pelajar perubatan Malaysia, Sdr Ammar Zulkifli yang meninggal akibat kemalangan di Mesir baru-baru ini. Sila
buka blog beliau di sini (kalam-puncak.blogspot.com)

Juga blog seorang ustaz muda, (Ust Wan Mohd Salimi) yang meninggal dunia dikatakan akibat kesan kemalangan juga, lebih pedih kerana meninggalkan isteri dan tiga orang anak. Blognya
di sini pula . (aisaralex.blogspot.com)

Ucapan takziah buat seluruh ahli keluarga dan di doakan ruh mereka mendapat rahmat dan tergolong dari kalangan individu soleh.

Salafi juga, sebenarnya tidak mengenali kedua-dua mereka, hanya mengenali mereka melalui blog mereka sesudah pemergian mereka. Itupun, masih terasa hiba apabila menekuni isi blog mereka.

Tatkala membaca pemergian mereka, meninggalkan buku dan blog mereka yang dipenuhi nasihat berguna sebagai amal jariah berterusan. Benar, satu-satunya yang akan mengikutinya ke alam seterusnya. Saya tidak dapat lari memikirkan dengan diri sendiri.

Nabi s.a.w amat menggalakkan kita untuk menziarahi kubur dengan sasaran untuk lebih mengingati kematian. Bagi mereka yang tidak berpeluang untuk menziarahi kuburnya, ziarahilah blognya dan berdoalah serta ingatlah akan kematian itu pasti. Kematian itu menuntut PERSEDIAAN. Persediaan menuntut kepada ILMU, ilmu menuntut kepada AMAL, dan amal menuntut KEIKHLASAN.
Bagaimanakah nanti blog salafi di ketika hari kematian...masanya belum diketahui namun ia adalah sebuah pemergian yang pasti pada masa yang akan datang. Sama-samalah kita berusaha dan bersedia, kerana ia adalah satu pemergian yang tiada peluang ulangan. Hidup adalah sebuah exam yang gagalnya tiada ruang untuk mengulang. Nauzubillah.

"Ya Allah matikan daku dalam keadaan penghujung penuh kebaikan dan janganlah matikan kami dengan keadaan penghujung yang buruk”
Catatan Salafi

PERGINYA SEORANG MUJAHID TULEN


FATHI YAKAN...pergimu tiada gantinya

Catatan Salafi,

Beberapa bulan yang lalu, iaitu pada 13 Jun 2009, kesedihan melanda jiwa apabila membaca pemergian seorang tokoh gerakan Islam terulung, ilmuan serta pemikir Islam yang berjasa. Beliau adalah Dr Fathi Yakan, seorang ilmuan yang amat popular dengan buku beliau "maza ya'ni intimai Ila Islam" (Apakah erti saya menganut Islam).

Salafi masih ingat lagi, ketika masih dibangku menengah agama dulu, `usrah` kami telah menjadikan buku ini sebagai sillibus pengisian awal dari sebuah kebangkitan islam. Dari buku ini lah salafi bermula memahami dan menghayati islam dalam diri, keluarga, masyarakat dan bernegara.

Buku ini terlalu banyak digunakan oleh ahli-ahli gerakan Islam sama ada di peringkat sekolah, universiti dan peringkat nasional. Beliau juga pengarang kepada lebih 30 buah buku dan sebahagiannya diterjemah ke pelbagai bahasa. Beliau juga pernah menjadi ahli parlimen Lubnan atas tiket gerakan parti politik Islam.

Pemergian seseorang adalah satu yang amat pedih khususnya bagi mereka rapat dengannya. Malah ia lebih memberikan rasa sedar bahawa kelak, giliran kita. Tidak pasti bilakah waktu itu, namun ia tetap akan berkunjung.
Kunjungan ‘kematian' kerap datang secara tiba-tiba. Ada yang berpendahuluan terlantar di hospital, dan ada pula yang tidak berpendahuluan (meninggal di tempa kejadian).

TIADA 'PATUNG' DR FATHI

Perlulah diingat bahawa jika kita ingin menghargai jasa dan usaha seseorang tokoh, bukanlah dengan menggantung gambarnya di rumah, memaparkan gambarnya di sana sini. Itu bukanlah cara yang disaran oleh Rasulullah s.a.w, namun cara yang betul adalah dengan menghidupkan usahanya, menyebarluaskan nasihat dan hasil pemikirannya dengan cara yang terbaik.

Jangan pula cuba beralasan mengatakan dengan gambar memberikan inspirasi, kerana jika itu benar lagi tepat, tentunya Nabi s.a.w akan menyuruh para pelukis di zaman itu untuk melukis wajah baginda untuk diedar buat para sahabat dan tabien sebagai ingatan kepada diri baginda dan Islam. Namun itu tidak berlaku, Islam bukan sebuah agama yang membenarkan patung sebagaimana dunia bukan Islam di barat terlalu ‘gila' membuat patung tokoh mereka.

Di London, muzim dipenuhi patung tokoh-tokoh mereka termasuk Darwin, di Paris, ia sebuah bandar yang hodoh dan semak dengan ratusan patung-patung ukiran yang besar, malah lebih hodoh apabila kebanyakkan patung-patung tersebut adalah diukir dalam keadaan berbogel. Itulah PARIS dan demikian juga kebanyakan bandar-bandar bukan Islam yang lain. Justeru, mengharagia hasil Dr Fathi Yakan bukan dengan menggantung gambar dan menekuni ‘patung tugu' Dr Fathi Yakan. Tetapi sebarkanlah hasil usaha beliau selain mendoakannya.

PERGINYA SEORANG PENULIS BLOG

Salafi juga terfikirkan bahawa, dalam dunia berinternet ini, ramai yang mempunyai blog. Lagi popular blog tersebut, lagi hampir tuan punya blog dengan para pengunjungnya. Setiap hari mungkin pengunjungnya inginkan sesuatu yang baru dari tuan punya blog.

Tanpa disedari bahawa tuan punya blog boleh datang dan pergi. Sebagaimana pengunjung turut datang dan pergi. Namun bagi pengunjung setia yang mengenali dan rapat, apabila melihat sebuah blog yang sudah tidak lagi dikemaskini kerana pemergian pemilik blog, tentunya satu perasaan yang amat hiba dan pedih.

Baru-baru ini salafi turut membaca beberapa tuan blog yang kembali ke rahmatullah, meninggalkan keluarga dan blognya terus kaku. Salafi membuka blog mereka dan menatapi beberapa penulisan mereka dan juga gambar-gambar mereka sewaktu hayat dikandung badan, tanpa disedari datang perasaan hiba.
Blog tersebut masih berpengunjung, dipenuhi dengan ucapan takziah buat ahli keluarga, tetapi tuan punya blog sudah tiada di sisi, tiada mampu membaca kata-kata terbaru indah dan doa di blog mereka. Terfikir akan hal itu, perasaan sedih dan hiba sudah tentu melanda jiwa dan hati.

Sebagai contoh, blog milik pelajar perubatan Malaysia, Sdr Ammar Zulkifli yang meninggal akibat kemalangan di Mesir baru-baru ini. Sila
buka (kalam-puncak.blogspot.com)

Juga blog seorang ustaz muda, (Ust Wan Mohd Salimi) yang meninggal dunia dikatakan akibat kesan kemalangan juga, lebih pedih kerana meninggalkan isteri dan tiga orang anak. Blognya
(aisaralex.blogspot.com)


Ucapan takziah buat seluruh ahli keluarga dan di doakan ruh mereka mendapat rahmat dan tergolong dari kalangan individu soleh. Salafi juga, sebenarnya tidak mengenali kedua-dua mereka, hanya mengenali mereka melalui blog mereka sesudah pemergian mereka. Itupun, masih terasa hiba apabila menekuni isi blog mereka.

Tatkala membaca pemergian mereka, meninggalkan buku dan blog mereka yang dipenuhi nasihat berguna sebagai amal jariah berterusan. Benar, satu-satunya yang akan mengikutinya ke alam seterusnya. Saya tidak dapat lari memikirkan dengan diri sendiri.

Nabi s.a.w amat menggalakkan kita untuk menziarahi kubur dengan sasaran untuk lebih mengingati kematian. Bagi mereka yang tidak berpeluang untuk menziarahi kuburnya, ziarahilah blognya dan berdoalah serta ingatlah akan kematian itu pasti. Kematian itu menuntut PERSEDIAAN. Persediaan menuntut kepada ILMU, ilmu menuntut kepada AMAL, dan amal menuntut KEIKHLASAN.
Bagaimanakah nanti blog salafi di ketika hari kematian...masanya belum diketahui namun ia adalah sebuah pemergian yang pasti pada masa yang akan datang. Sama-samalah kita berusaha dan bersedia, kerana ia adalah satu pemergian yang tiada peluang ulangan. Hidup adalah sebuah exam yang gagalnya tiada ruang untuk mengulang. Nauzubillah.

"Ya Allah matikan daku dalam keadaan penghujung penuh kebaikan dan janganlah matikan kami dengan keadaan penghujung yang buruk”

Catatan Salafi Abu Zulfiqar

JANGAN LUPA NOKTAH DARI KEHIDUPAN......

"Sesekali mendongak ke langit merenung indahnya bintang-bintang, jangan lupa menjeguk rumput hijau di bumi, diantara keduanya ada noktah yang semakin pasti...."

KETUKAN HIDAYAH ALLAH KE PINTU QALBI YAHUDI

APABILA HIDAYAH ALLAH MENGETUK PINTU..............

Sebelum matahari muncul dari ufuk timur, Amalia Rehman membangunkan suaminya, Habib, putrinya yang berusia 14 tahun, Ilana, dan putranya yang berusia 11 tahun, Moosa, di ruang tamu untuk melaksanakan shalat Shubuh berjamaah. “Allahu akbar,” kata Moosa dengan lantang, seraya menggetarkan bunyi “r”, mengimami setiap anggota keluarga yang berbaris dalam dua shaf menghadap timur ke arah kota Mekkah.

Ruangan tersebut hanya dikelilingi oleh tembok polos, dengan dua buah frame gambar bertulisan Arab tergantung di dinding. “Allahu akbar,” ulang Moosa dan seluruh anggota keluarga melanjutkan gerakan shalat. Setelah selesai shalat, Amalia membangunkan dua putra terkecilnya, Mikail yang berusia 7 tahun, dan Daaniel yang berumur 4 tahun, agar segera bersiap-siap untuk berangkat sekolah (anak-anak yang belum baligh belum diwajibkan untuk shalat lima waktu, namun anak-anak dapat bergabung dengan keluarga untuk shalat berjamaah dalam salah satu atau kelima shalat wajib).

Setelah menyikat rambut mereka, mengikat tali kasut mereka, dan menghibur mereka agar tetap ceria dan bersemangat menjalani hari-hari bersekolah, Amalia berangkat ke sekolah Islam di north Austin dimana Amalia mengajar untuk menutup biaya pendidikan putra-putranya; Ilana bersekolah di sekolah umum di Leander. Sebelum melangkah keluar rumah, Amalia menutup kepalanya dengan sebuah jilbab satin berwarna hijau, kemudian menutup pakaiannya dengan kain jilbab panjang berwarna hitam, pakaian tradisional wanita Muslimah.
Rutin tersebut mungkin saja menjadi hal biasa yang selalu dilakukan oleh keluarga-keluarga Muslim di Amerika Serikat, namun kes Amalia menjadi luar biasa. Amalia, yang kini berusia 43 tahun dan menetap di Leander, adalah seorang Yahudi kelahiran Israel yang kemudian memutuskan untuk berpidah keyakinan dan memeluk Islam sejak 20 tahun yang lalu. Alasannya bukan karena perselisihan Muslim dengan Yahudi, bukan karena Israel melawan Arab, dan bukan juga masalah politik.

Semuanya karena masalah keyakinan. Dahulu, dia terpaksa bertegang leher dengan seluruh anggota keluarganya, berdebat dengan rekan-rekan Muslim, dan masyarakat untuk dapat menjalankan ibadah. Namun, dia mengatakan bahwa semuanya benar-benar terbayar tunai. “Pada usia 7 tahun, saya biasanya berdoa kepada Tuhan agar saya dapat menjadi orang terpandai di dunia, mengetahui segala hal,” katanya sambil duduk untuk santap siang, menu makan siangnya terdiri dari brownies buatan sendiri dan cola diet. “Saya dapat mengatakan untuk pertama kalinya dalam hidup saya, bukannya saya mengetahui segalanya, namun saya telah menemukan segalanya, saya menemukan kebenaran dalam Islam.

Amalia dilahirkan dalam keluarga Yahudi, ibunya seorang Yahudi Amerika dari Mattapan, Mass, dan ayahnya berasal dari Israel. Saat menginjak remaja, ayahnya, Abraham Zadok, bertempur bersama pasukan bawah tanah yang membantu terciptanya negara Israel pada tahun 1948. Ia sekarang adalah seorang belia renta berumur 70 tahun yang tidak terlalu tinggi, Abraham mengenakan topi pemimpin orkestra berwarna hijau dan selalu ditemani oleh satu kartun rokok Marlboro di dalam koceknya. Saat berbicara, misainya yang lebar dan lebat mendominasi wajahnya yang kecil dan telah ditumbuhi keriput. “zaman dulu, kota Yerusalem adalah milik orang-orang Arab,” katanya dalam aksen Israel yang kental. “Kami tidak punya tempat tinggal saat pergi ke Yerusalem. Kaum Yahudi tidak punya makanan dan air minum, kami semua menderita.”

Walaupun kedua orangtuanya berasal dari keluarga yang religius, mereka berdua membesarkan Amalia dan kedua saudara laki-lakinya sebagai Yahudi tradisional yang tidak ortodoks; mereka hadir di sinagog hanya pada hari raya, mereka juga mengonsumsi daging babi. Pada usia 13 tahun, Amalia memutuskan bahwa dia ingin menjadi seseorang yang lebih religius. “Dia adalah gadis yang ambisius,” kata Abraham. “Dia selalu ingin menjadi yang terbaik, yang terpandai.” Selalu lasak dalam setiap usahanya, dia kemudian pergi mempelajari ajaran Yahudi dan berdebat dengan rekan-rekan satu keyakinan.

Masih dalam pencarian keagamaan, Amalia kemudian mendaftar dalam kelas Talmud sembari berkuliah mengambil jurusan psikologi di universiti Chicago. Amalia memandang saat-saat tersebut sebagai saat-saat yang paling dia nikmati, mungkin karena berhubungan langsung dengan agama para nenek moyangnya. Akhirnya, dia kembali dibenturkan pada tembok yang sama yang pertama dia hadapi saat masih remaja. “Kaum Yahudi tidak mengutip Torah; mereka mengikuti apa kata rabbi, bukan firman Tuhan. Semuanya didasarkan pada siapa yang dianggap paling benar. Hal ini terlalu ambigu, membingungkan saya. Ini bukan agama sungguhan. Bukan ajaran yang benar.”

Hingga kini, teman-teman dan keluarganya masih beranggapan bahwa Amalia memeluk Islam karena pujukan suaminya, Habib. Namun, perjalanan Amalia menemukan Islam justru dimulai jauh sebelum itu, tepatnya setelah dia dan keluarganya pindah ke California. Dia menjalin persahabatan dengan sejumlah pemuda Arab yang biasa mengunjungi stan buah kering dan kacang-kacangan milik ayahnya di pasar rakyat San Jose. “Dahulu, saya memandang rendah orang Arab,” kata Amalia, seraya menuangkan segelas susu untuk anak bungsunya yang baru saja menghabiskan sepotong brownies. “Jika anda tumbuh di lingkungan Yahudi, anda akan berpikiran seperti itu. Hal itu sudah ditanamkan sejak masih anak-anak.”

Disamping perasaan tersebut, Amalia menemukan dirinya semakin dekat dengan orang-orang Arab tersebut dan juga keyakinan mereka, kemudian Amalia sering menghabiskan waktu di apartemen mereka. “Satu hal yang saya catat mengenai orang-orang yang saya temui, walaupun saya memiliki prasangka buruk terhadap mereka, mereka berperilaku sangat baik dan santun satu sama lain – melihat hal itu, saya sangat ingin turut menjadi bagian dari mereka, sebuah bagian dari rasa saling memiliki atas sesuatu yang sangat agung.”

Dalam kehidupannya waktu itu, Amalia telah merasakan segalanya kecuali rasa saling menerima. Ajaran Yahudi di masa lalunya membuat Amalia tidak merasakan hubungan religius yang dalam, sekembalinya dari Chicago, hubungan dengan ibunya menegang. “Orang-orang mengatakan bahwa saya memeluk Islam karena disanalah satu-satunya tempat dimana saya merasa sangat nyaman, satu-satunya ajaran yang terbuka terhadap diri saya, dan tempat dimana segalanya dihalangi oleh keluarga saya.” Amalia mengakui bahwa ada beberapa kebenaran dalam hal tersebut, dan dia bersyukur bahwa Allah telah menunjukkan jalan yang benar kepadanya sehingga dia dapat memeluk Islam.

Saat Amalia dan kawan-kawannya menonton tv pada suatu petang, ada sebuah berita mengenai seekor bagal (hewan setengah kuda setengah keledai) betina yang melahirkan bayi bagal. “Itu merupakan sebuah pertanda akhir zaman,” kata seorang pria. Satu pernyataan ini membuka pikiran Amalia terhadap sebuah aspek dalam Islam yang belum pernah dia ketahui sebelumnya – perjalanan untuk membuktikan kebenaran kitab Al Qur’an. Bara api pelajar dalam dirinya kembali menyala dan bergolak. “Pendekatan Allah kepada setiap manusia benar-benar sangat sesuai. Saya menemukan jalan Allah dengan jalan keingintahuan, rasa haus akan ilmu pengetahuan, rasa haus akan rahasia kehidupan dan kematian, serta makna hidup.”

Hingga akhirnya pada suatu hari, Amalia berkata, “saya sedang mempertimbangkan untuk memeluk Islam.” Ekspresi keterkejutan dan kegembiraan di wajah-wajah para teman Muslimnya langsung memantapkan hati Amalia. Walau, tentu saja, keluarganya tidak turut bahagia. Walaupun kedua orang tuanya mungkin tidak sepenuhnya mengetahui bahwa Amalia telah mengucapkan dua kalimat syahadat, syarat untuk menjadi seorang Muslim, mereka menyaksikan Amalia memiliki satu teman pria yang spesial. Amalia dan temannya, yang disebut sebagai “si Arab” oleh pihak keluarga, telah menikah selama enam tahun dan dikaruniai seorang putri, Ilana.

“Saya benci Muslim. Mereka kaum yang rendah. Mereka melempari orang Israel denga batu. Saya tidak memercayai mereka,” kata Abraham dalam bahasa Inggris yang terpotong-potong. Amalia mengatakan bahwa semua orang yang mengenalnya menyebut dirinya orang gila. Ibunya tidak pernah berbicara lagi kepadanya dan meninggal beberapa tahun kemudian tanpa sempat berbaikan. “Ibunda Amalia membenci suami Amalia,” kata Abraham. “Ibunya adalah orang yang sangat Zionis dan anti Islam.”


Memastikan apa yang terjadi dalam fase kehidupan tersebut sangat sulit bagi Amalia. Amalia tidak membahas dengan ayahnya mengenai apa yang terjadi di tahun-tahun tersebut. “Dia (Amalia) selalu terbuka dan ramah, namun dia sama sekali tidak menunjukkan rasa sedih. Tampaknya dia tidak punya kekhawatiran,” kata Emma Barron, seorang teman dekat Amalia dari California.


Bertahun-tahun kemudian, Amalia bertemu dengan Habib, seorang Muslim kelahiran Pakistan. “Saya ingat dia pernah mengatakan bahwa Habib tampak lebih tua (9 tahun lebih tua) namun pemuda yang lebih tua memperlakukan wanita dengan lebih baik,” kata Barron.

Dengan terpisahkan ruang dan waktu selama bertahun-tahun dan dengan mengarungi mahligai pernikahan barunya, keyakinan Amalia kian berkembang.

Hubungannya dengan keluarga sedikit berkembang namun tetap kaku, hubungan dengan para saudara laki-lakinya dibatasi. “Dalam pikiran mereka hanya ada kata penghianatan; mereka tidak melihatnya sebagai penemuan jati diri. Mereka mungkin lebih senang melihat saya menjadi biarawati ketimbang seorang Muslim. Mereka memandang kaum Muslim sebagai orang-orang anti-Yahudi, anti-Israel.” Kata Abraham. “Dia seperti musuh saya. Saya rasa anda menuai apa yang anda semai. Saya mencoba memberikan yang terbaik untuk keluarga saya, namun saya gagal,” kata Abraham dengan mendesah.

Amalia menyimpulkan bahwa kemarahan ibunya terhadap perpindahan agama yang dia lakukan mempengaruhi ayahnya pada tahun-tahun pertama, hal tersebut membuat tegang hubungan mereka. Kini, Amalia dan ayahnya menyebut hubungan mereka “baik-baik saja”. “Jauh lebih sulit ketika ibunda Amalia masih hidup,” kata Annette, 38, yang berganti keyakinan dari Kristen ke Yahudi saat menikahi Abraham. “Sekarang mereka sudah lebih dekat dan saling berkunjung, namun, Abraham masih tidak menyukai Habib.”

Amalia dan Annette (yang lima tahun lebih muda) memiliki hubungan pertemanan yang dekat. Setelah bertahun-tahun, Annette menyaksikan perubahan dalam diri Amalia saat imannya bertambah kuat. “Dia sudah tumbuh menjadi orang yang lebih dewasa. Dia benar-benar bercermin dan melihat kedalam dirinya ketika orang-orang disekelilingnya memandangnya dengan berbeda.” Annette menggambarkan amalia sebagai seseorang yang berkemauan kuat, namun tetap tenang, sehingga mampu melewati setiap sindiran Abraham.

Kisah Amalia, walaupun tidak umum, tidaklah benar-benar aneh. Mohammed Ghounem, seorang Muslim kelahiran Mesir yang kini menetap di AS, menyebut sebuah situs internet bernama “Jews for Allah”. Dia mengungkapkan bahwa anggotanya mencapai 400 orang, kebanyakan warga AS, yang mengikuti jalan yang mirip dengan Amalia. “Keluarga dan kawan-kawan menghadapi masa yang sulit ketika ada kerabatnya yang berganti keyakinan dari Yahudi dan memeluk Islam.” Kata Ghounem. “Banyak yang akhirnya kehilangan hubungan keluarga dan dukungan kewangan.”

Dalam komuniti Yahudi, pertanyaan mengenai perpindahan keyakinan menimbulkan beragam respon dari masyarakat. Rabbi Yosef Levertov dari Chabad House-Lubavich, sebuah jemaat ortodoks di universiti Texas di Austin, menyatakan bahwa hukum-hukum Yahudi sangat ketat mengenai pergantian keyakinan di mata Tuhan. “Hal tersebut tidak menggugurkan kewajiban mereka sebagai Yahudi. Mereka masih harus menjawab pertanyaan Tuhan.” Rabbi Samual Barth, yang mengepalai jemaat Agudas Achim di Austin, mengatakan bahwa Yahudi yang berpindah keyakinan tidak dipandang sebagai orang yang hidup dalam kesalahan, namun mereka masih bisa dikuburkan di pemakaman Yahudi. Levertov tidak setuju mengutip hukum Yahudi yang ketat, namun mengatakan bahwa hal tersebut mungkin dapat dipertimbangkan atas dasar kasus per kasus. “Dahulu, orang-orang biasanya duduk dan melakukan shiva (perkabungan untuk orang yang meninggal) untuk Yahudi yang berpindah keyakinan, namun sudah tidak lagi dilakukan sekarang.”

Secara keagamaan, berpindah keyakinan ke Islam dipandang oleh para pemuka Yahudi sebagai hal yang tidak terlalu serius karena Islam sendiri adalah agama yang berTuhan satu. Jika seorang Yahudi berpindah ke agama yang berTuhan banyak, maka reaksi yang timbul akan jauh lebih keras. Namun bisa juga sebaliknya. “Kaum Yahudi menaruh curiga terhadap Islam. Islam dipandang anti-Semit dan memerangi Israel,’ kata Barth. Levertov mengamini, dia menambahkan bahwa dirinya percaya dengan iklim perpolitikan sekarang, reaksi terhadap perpindahan keyakinan ke Islam akan lebih keras.

Dalam masa dimana komunikasi antara dua keyakinan sangat minim, ada seorang wanita yang, dengan tenang, tampaknya menjembatani kedua kubu. Namun, itu cara pandang Amalia. “Saya tidak melihat perpindahan keyakinan sebagai sesuatu yang menggabungkan dua hal yang berbeda. Saya melihatnya sebagai masalah keyakinan semata.” Amalia memisahkan masalah politik dengan keagamaan, seperti halnya memisahkan gereja dan negara. Baginya, kericuhan di Timur Tengah tidak ada hubungannya dengan memilih Islam sebagai keyakinan.

Dalam beberapa hal mengenai Timur Tengah, mengenai masalah Yerusalem, misalnya, Amalia menjadi bermasalah. “Sebagai seorang Muslim, saya adalah pewaris Yerusalem, bukannya sebagai seorang Yahudi,” kata Amalia saat mulai menyiapkan makan malam. “Saya rasa Yahudi tetap harus mendapatkan tempat, namun Yerusaleem harus berada di tangan kaum Muslim. Seperti halnya Mekkah.

Walaupun banyak hal yang rumit dalam hidupnya, Amalia menemukan kedamaian dalam dirinya, dia telah menemukan agama yang tepat. Dia telah menemukan jalan kebenaran. “Lucunya, saya dulu berdoa saat usia 7 tahun, kini saya berusia 40 tahun, sungguh jalan yang panjang untuk mendapatkan mimpi yang diinginkan semasa kecil.”

Nicole Williams, seorang teman dan rekan kerja di sekolah Islam, menceritakan sebuah kisah yang membuat Amalia merasa nyaman dengan keadaannya yang tidak umum. Sebuah kartu diputar di sekolah dan ditandatangani setiap orang. Amalia agaknya menulis dalam ukuran besar sehingga seluruh tempat menjadi terisi. Salah seorang guru, yang merupakan orang kelahiran Palestina, menghampiri Amalia dan Nicole, lalu dengan bercanda mengeluhkan bahwa dia tidak mendapat cukup ruang untuk menulis. Amalia mempertahankan pendapatnya. Hal itu berlangsung selama sekitar satu menit hingga Nicole menengahi, “agaknya saya harus membangun tembok untuk memisahkan kalian!” Ketiganya kemudian tertawa lepas. (dn/jfa)

Dikutip oleh SuaraMedia.com

Ulasan Salafi

Apabila hidayah Allah mengetuk pintu orang yang benar-benar mendambakan hidayah, tiada siapa yang dapat menghalangnya. Abu Talib, Pak Saudara nabi takdapat hidayah sampai mati. Anak, isteri nabi Noh as, isteri nabi Luth as mati dalam keadaan tidak memperoleh hidayah Allah, walaupun anak saudara mereka nabi, walaupun suami, bapak mereka nabi sekalipun.

Alhamdulillah, kita bukan sapa-sapa dengan mereka, tapi kita pun dianugerah hidayah Allah. Ada sebahagian manusia tidak menghargai nikmat hidayah ini. Jangan sampai Allah mengambil balik nikmat hidayah yang telah dianugerahkannya, akibat dari tidak memelihara hidayah tersebut. Dan hendaklah kita insof, sering mendoakan orang lain turut sama dapat hidayah seperti kita juga. Jangan kutuk mereka, jangan aibkan mereka apatahlagi mencela mereka........

Umar ibn alKhottob pun diberi hidayah oleh Allah. Kalau tengok akhlaq dan tingkahlaku Umar, logik akal mengatakan, takda `can` (takda harapan) Umar nak masuk masuk syurga. Tapi, sapa sangka........Allah Maha Berkuasa atas tiap-tiap sesuatu.

Salafi mengajak kita sama-sama syukuri nikmat hidayah ini. Apabila Allah mengetuk pintu hati kita untuk menjadi orang taat, silakan buka pintu sebagai menghargai kehadiran hidayah itu. Jika kita biarkan ketukan itu berlalu..........ia akan pergi meninggalkan kita, atau kita terlambat membuka pintu, sehingga anugerah itu berlalu begitu sahaja. Kita akan terkesima.....menyesal, penyesalan yang tidak ada kesudahan.


Wallua`alam

Salafi Abu Amri Zulfiqar